Melimpahnya Udang Saat Pasang Surut Di Pantai Slili Gunung Kidul

Pantai Slili
Pantai Slili

Melimpahnya Udang Saat Pasang Surut Di Pantai Slili Gunung Kidul. Setiap pantai memiliki pasang surut dan naik nya. Pasang surut dan naik juga dipengaruhi oleh lingkungan dan faktor alam. Biasanya setiap pagi hari pantai pasang naik, setiap sore hari pantai pasang surut. Begitu terus bergulir sepanjang hari. Rutinas yang beragam bagi para nelayan dan warga sekitar. Warga sekitar juga bisa ikut serta dalam mengambil udang di pantai Slili Gunung kidul.

Mengambil dan memanen udang bikin menambah antusiasme warga sekitar hingga para pengunjung. Para pengunjung yang ingin mencoba merasakan sensasi mengambil udang. Atau waktu pasang surut air laut. Maka akan banyak nelayan dan warga yang turun ke pesisir Laut untuk mengambil udang yang bersembunyi di balik tumbuhan laut. Yang sangat subur. Hal ini karena tempat bebatuan menjadi habitat yang baik bagi para udang ini. Sangat menggugah minat kan.

Udang yang diambil adalah udang yang besar. Udang yang dirasa cukup usia untuk dikonsumsi oleh manusia. Jika udangnya masih kecil, maka udangnya tidak akan diambil. Hal ini dilakukan dengan tujuan tetap menjaga kestabilan ekosistem udang di pantai Slili. Jadi populasi udang tidak akan punah ataupun habis. Banyak juga nelayan yang melakukan budidaya udang di daerah pantai ini. Harganya juga lumayan menguntungkan, jadi tidak salah jika banyak yang melakukan ini.

Dampak Positif Melimpahnya Udah Disaat Pasang Surut Pantai Slili

 

Pantai Slili
Pantai Slili

 

Menjadi penghasilan tambahan bagi warga sekitar dan nelayan

Selain menangkap ikan, warga sekitar dan nelayan juga menangkap udang. Hal ini karena populasi udang disaat pasang surut sangat banyak. Jadi para nelayan memanfaatkan moment ini untuk mengambil udang besar dan menjual nya. Hal ini tentu bisa membantu perekonomian mereka, karena harga udang yang lumayan mahal. Tapi tetap perlu hati-hati ya saat menangkap udang. Karena ombak bisa datang kapan saja. Jadi semuanya tetap harus menomorsatukan keselamatan.

Menjadi daya tarik para wisatawan

Para wisatawan banyak yang ingin datang ke pantai Slili ini karena bisa menangkap udang. Menangkap udang menjadi daya tarik tersendiri karena dirasa unik. Dan banyak yang tertarik merasakan sensasinya. Selain banyak yang tertarik karena keindahan pantai nya. Kegiatan ini juga sangat diminati oleh para pengunjung saat sore hari. Kita tetap harus menjaga kebersihan pantai ini, agar semua hewan dan tumbuhan tetap terjaga. Tidak boleh membuang sampah sembarangan tempat agar hal ini tetap terjaga. Perhatikan juga artikel menarik terkait pantai ngetun ini ya.

Inilah beberapa ulasan mengenai melimpahnya udang saat pasang surut di Pantai Slili Gunung Kidul. Selain menjaga mata pencaharian kedua nelayan. Keberadaan udang ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang akan datang berkunjung.