Tips Melakukan Diet Ketofastosis Untuk Pemula, Yuk Intip

diet ketofastosis
diet ketofastosis

Tips Melakukan Diet Ketofastosis Untuk Pemula, Yuk Intip. Dari beberapa banyak metode penurunan berat badan secara yang satu ini adalah jenis yang tidak akan memperbolehkan kamu untuk mengkonsumsi karbohidrat  sama sekali. Tentu hal ini menarik dikarenakan bagaimanapun tubuh kita membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama untuk melakukan aktivitas. Jadi apakah metode yang satu ini berbahaya untuk tubuh? Tunggu tunggu sabar sebelum kita membicarakan bahaya atau tidak diet ketofastosis alangkah lebih baiknya kita mengenali dulu metode yang satu ini.

Metode ini merupakan gabungan antara penurunan berat badan ketogenic dengan fastosis. Ketogenic merupakan pengertian yang kerap kali digunakan pada metode dengan karbohidrat rendah namun tetap tinggi lemak. Jadi tak seperti kebanyakan jenis diet yaitu menghindari lemak ketogenic justru akan menekankan asupan tinggi lemak ditambah protein. Ketika melakukan ketogenic tubuh kita akan memasuki fase yang disebut dengan ketosis yaitu ketika tubuh mengalami kekurangan karbohidrat. Ketika kondisi seperti itu maka secara otomatis kadar gula dalam  mengalami penurunan sampai hati akan menghasilkan zat keton yang digunakan sebagai sumber energi untuk seluruh tubuh khususnya otak.

Sedangkan fastosis yang artinya fasting on ketosis atau bisa dikatakan puasa ketika kondisi ketosis. Waktu ideal untuk berpuasa ketosis yaitu sekitar 6 hingga 12 jam semua ini tergantung pada kondisi masing-masing tubuh seseorang. Fastosis bisa dikatakan merupakan upaya untuk menghasilkan pola makan yang dibutuhkan manusia guna mempertahankan kondisi metabolisme lemak untuk tetap optimal. Diet ketofastosis memang memperbolehkan kamu untuk mengkonsumsi  lemak namun bukan berarti kamu bebas mengkonsumsi makanan non karbohidrat apapun apapun itu. Nah bagi kamu yang tertarik untuk melakukan metode ini berikut beberapa tips tips yang harus kamu perhatikan.

Tips Dalam Memulai Diet Ketofastosis

 

diet ketofastosis
diet ketofastosis

 

Sebelum memulai harus mempersiapkan mental terlebih dahulu

Pastinya sebelum kamu memulai program ini kamu harus memastikan kondisi mental kamu sudah benar-benar siap dan yakin. Berdasarkan konsepnya saja program ini sangat berbeda dari jenis diet lainnya. Bukannya menghindari lemak kamu justru diharuskan untuk mengganti karbohidrat dengan lemak sebagai bahan bakar utama energi dalam tubuh. Bukan hanya itu kamu pasti akan memperoleh beragam reaksi dari orang-orang sekitar. Pasti akan ada yang mendukung dan pasti juga akan ada yang mempertanyakan kenapa kamu melakukan metode ini.

Mengetahui berapa lama durasi puasa yang tepat

Diet ketofastosis bukan hanya menghindari karbohidrat kamu juga diharuskan untuk berpuasa ketosis. Proporsionalnya puasa ini akan berlangsung sekitar 6 hingga 12 jam semuanya tergantung dari kemampuan tubuh masing-masing individu. Rata-rata orang akan berhenti makan sekitar pukul 8 malam sampai jam 12 siang pada keesokan harinya. Ketika rentang waktu itu kamu hanya dianjurkan untuk minum air putih, kopi atau teh tanpa menggunakan gula, immunator honey dan virgin coconut oil. Ketika jam 12 siang sampai jam 8 malam kamu baru diperbolehkan untuk makan yang berasal dari sumber hewani seperti ikan, daging, telur sama ayam.

Tips berikutnya yaitu selalu mencukupi kebutuhan mineral tubuhmu. Bukan hanya kebutuhan protein saja yang harus kamu penuhi selama melakukan diet ketofastosis ini. Akan tetapi kamu juga harus memenuhi kebutuhan mineral karena ketika proses awal menjalankan program ini berat badan akan mengalami penurunan dikarenakan hilangnya air serta natrium. Hal ini diakibatkan karena berkurangnya asupan karbohidrat yang masuk dalam tubuhmu.