Komplikasi Hipertensi Pada Bayi

hipertensi pada bayi
hipertensi pada bayi

komplikasi hipertensi pada bayi, Segala penyakit yang tidak segera ditangani lebih lanjut atau tidak segera diobati pasti akan mengalami komplikasi. Begitupun juga hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jika tidak diobati dan ditangani dengan segera akan menimbulkan berbagai komplikasi yang tentunya sangat berbahaya apalagi bagi sang penderita. Tidak hanya penderita hipertensi dewasa saja yang bisa terkena komplikasi, penderita hipertensi yang masih bayi pun sangat rentan terkena komplikasi.

Komplikasi merupakan suatu istilah dari beberapa penyakit yang diderita seseorang. Jika sudah terjadi komplikasi, itu tandanya penyakit pasien semakin memburuk. Begitu juga pada bayi yang menderita hipertensi, jika bayi sudah mengalami komplikasi itu berarti kondisi kesehatan bayi semakin buruk dan semakin mengkhawatirkan. Komplikasi hipertensi sangat mudah menyerang bayi mengingat organ-organ tubuh bayi masih belum sempurna sistemnya jika dibandingkan dengan orang dewasa. Komplikasi ini muncul karena terlambatnya penanganan kepada sang bayi yang menderita hipertensi.

Jika penyakit ini dapat di diagnosa lebih awal dan segera mendapatkan penanganan khusus dari dokter anak, bayi tidak akan mengalami komplikasi. Maka dari itu betapa pentingnya diagnosa sejak dini kepada bayi. Hal itu tentunya dilakukan untuk menghindari segla sesuatu yang anda sebagai orang tua tidak menginginkannya. Salah satunya komplikasi ini. Ada berbagai komplikasi yang sangat mungkin terjadi pada bayi yang menderita hipertensi dan telat dalam menanganinya, diantaranya.

hipertensi pada bayi
hipertensi pada bayi

Tidak mampu tumbuh dan berkembang dengan sehat

Ini adalah salah satu komplikasi yang bisa timbul ketika bayi mendapatkan penanganan yang terlambat atas penyakit yang dideritanya yaitu hipertensi. Tumbuh kembang bayi akan mengalami gangguan dan tidak akan sama dengan tumbuh kembang bayi yang seumuran dan tidak menderita hipertensi. Ketika tumbuh kembang bayi anda terganggu akan menimbulkan beberapa masalah baru bagi bayi anda. Khususnya jika bayi anda masih berusia dibawah 5 tahun. Di usia tersebut akan sangat rentan mengalami komplikasi terganggunya tumbuh kembang bayi yang menderita hipertensi.

Komplikasi-Komplikasi Hipertensi Pada Bayi yang Mengintai

Komplikasi gagal jantung

Gagal jantung merupakan suatu kondisi yang sangat kronis dan sangat berbahaya untuk hipertensi pada bayi. Gagal jantung pada bayi adalah ketika pompa jantung pada bayi melemah. Karena kondisi pompa jantung yang melemah akan menyebabkan ketidak mampuan jantung mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh sang bayi. Ini merupakan salah satu komplikasi yang sering terjadi pada penderita hipertensi terutama bayi, anak-anak dan lansia. Gagal jantung ini dapat datang secara bertahap atau bahkan datang secara tiba menyerang bayi tanpa ditandai munculnya gejala tertentu.

Komplikasi gagal ginjal yang bersifat kronis

Gagal ginjal adalah suatu kondisi dimana ginjal mengalami malfungsi atau tidak berfungsi dengan baik. Jika bayi yang menderita penyakit ini mengalami komplikasi gagal ginjal, ini akan sangat berbahaya bagi nyawa bayi. Komplikasi gagal ginjal pada bayi biasanya ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada tungkai bayi. Bagi bayi yang menderita hipertensi dan komplikasi gagal ginjal, akan sangat memungkinkan munculnya beberapa penyakit-penyakit komplikasi lainnya seperti penyakit jantung dan masih banyak lagi. Jika sudah muncul beberapa komplikasi penyakit lainnya akan semakin berbahaya untuk nyawa sang bayi.

Komplikasi kegagalan fungsi organ

Komplakasi hipertensi pada bayi selanjutnya yaitu kegagalan fungsi organ. Kegagalan fungsi organ meliputi jantung, ginjal dan beberapa organ-organ tubuh bayi yang berpotensi mengalami kegagalan fungsi. Kegagalan fungsi organ bayi artinya terganggunya fungsi organ-organ tubuh pada bayi yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika salah satu organ mengalami gagal fungsi, itu akan berdampak pada organ lain. Organ lain perlahan fungsinya akan terganggu, namun seiring berjalannya waktu organ tersebut akan mengalami gagal fungsi juga.

Kejang-kejang penyakit hipertensi

Kejang merupakan suatu ganguan aktivitas listrik yang ada di otak. Jika bayi yang menderita hipertensi mengalami kejang akan membuat bayi hilang kesadaran dan tidak terkendalinya gerakan bayi. Kejang pada bayi bisa diakibatkan oleh beberapa hal salah satunya hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak terkendali. Untuk mencegah semua penyakit komplikasi hipertensi pada bayi diatas, lakukan pemeriksaan sedini dan se awal mungkin pada bayi anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*